logoblog

Cari

"Bakak" Di Kalangan Santri

Ada saja yang lucu yang dialami oleh anak santri. Suatu ketika seorang santri diajak makan ke sebuah lesehan oleh seniornya. Dalam

Humor

H. Musleh
Oleh H. Musleh
11 Maret, 2014 12:43:52
Humor
Komentar: 1
Dibaca: 7068 Kali

Ada saja yang lucu yang dialami oleh anak santri. Suatu ketika seorang santri diajak makan ke sebuah lesehan oleh seniornya. Dalam cerita ini yang ingin ditonjolkan adalah ketidak fahaman santri tentang pengertian “baka” (bakul). Baka/Bakul disebuah lesehan biasanya digunakan oleh yang punya lesehan sebagai tempat nasi. Yang isinya cukup untuk dua orang saja. Sedang di Pesantren tempat santri tersebut mondok, Baka/bakul juga digunakan untuk tempat menaruh nasi yang isinya cukup untuk makan 150 orang.

Ketika sampai di lesehan yang bernama “Taliwang Anda” yang beralamat di jalan lingkar utara kota Mataram, santri senior memanggil pelayan lesehan tersebut untuk memesan makan. Sang pelayanpun datang, lalu menyodorkan daftar menu yang dimiliki oleh lesehan tersebut. Santri senior berkata,”Saya mau pesan paket berempat ditambah dengan 2 bakak nasi”. “Oke, segera kami siapkan”. Jawab pelayan.

Sang Santri, ketika mendengar perkataan seniornya ketika memasan makanan merasa heran dan berfikir. ”mungkinkah kita akan makan 2 bakak nasi hanya berempat saja”, pikirnya dalam hati. Pikiran serta keheranan itu tak diutarakannya kepada seniornya tapi hanya dipendam sampai dia tahu jawabannya.

Tibalah saatnya pelayan tersebut membawa pesanan santri senior tersebut. Alangkah terkejutnya Si santri ternyata bakak yang dimaksudkan oleh pelayan tersebut hanya sebuah bakak kecil yang hanya berisi 2 piring nasi. Keheranan pertama, akan tidak habisnya nasi yang dua bakak tersebut menjadi sebuah keraguan, akan cukup tidaknya nasi yang dua bakak yang kecil ini untuk 5 orang.

Mulai saat itu tahulah Si santri bahwa bakak di pesantren tidak sama dengan bakak di lesehan sekalipun pemanfaatannya sama yaitu sama-sama tempat nasi.  [] - (01)

 

Baca Juga :


 

   



 

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. KM Kaula

    KM Kaula

    15 Mei, 2014

    menurut saya itu bukan bakak, tapi itu namanya ponjol atau roumboung (keduanya bahasa sasak bahkan ketiganya).


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 

Komentar Terbanyak

 

image

Tipi Kampung

 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan